Posted by :
Rezki Ananda
Sabtu, 18 Juni 2016
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Pengertian dan ruang lingkup SIA
Sistem Informasi Akuntasi (SIA) adalah sebuah
Sistem Informasi yang mengubah data transaksi menjadi informasi atau laporan
keuangan yang berguna bagi pemakainya.
Memahami Proses Bisnis adalah edisi ketiga
buku teks hanya lokal (Australia) yang tersedia untuk siswa yang diperlukan
untuk mempelajari subjek pada sistem informasi akuntansi. Karena peran
konvergensi sistem akuntansi dan informasi dalam bisnis, mahasiswa diwajibkan
untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang sistem informasi akuntansi dan
bagaimana mereka berdampak pada berbagai proses bisnis inti.
Ruang Lingkup SIA
Ruang Lingkup
1. Ruang lingkup Implementasi aplikasi
Sikompak pada Bagian Akuntansi/Pembukuan meliputi pencatatan dan pengolahan
data atas transaksi keuangan yang meliputi penjurnalan, posting hingga
menghasilkan laporan keuangan perusahaan (General Ledger System).
2. Ruang lingkup Sistem Informasi Aktiva Tetap
dan Persediaan terdiri dari mutasi penambahan dan pengurangan pada aktiva tetap
dan persediaan serta perhitungan penyusutan dan nilai buku aktiva tetap.
3. Ruang Lingkup implementasi Billing System
yang telah terkomputerisasi terdiri dari beberapa sub-sistem antara lain
sub-sistem penyambungan baru, sub-sistem administrasi rekening, sub-sistem
pelayanan pelanggan (customer service) dan sub-sistem penagihan dan penerimaan
kas.
Siklus-Siklus Pemrosesan Transaksi
Sistem Informasi Akuntansi meliputi beragam
aktivitas yang berkaitan dengan siklus-siklus pemrosesan transaksi perusahaan,
yaitu :
1.
Siklus pendapatan. Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan
pendistribusian barang dan jasa ke entitas-entitas lain dan pengumpulan
pembayaran-pembayaran yang berkaitan.
2.
Siklus pengluaran. Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan perolehan
barang dan jasa dari entitas-entitas lain dan pelunasan kewajiban-kewajiban
yang berkaitan.
3.
Siklus produksi . Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan pengubahan
sumberdaya menjadi barang dan jasa.
4.
Siklus keuangan . Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan peroleh dan
manajemen dana-dana modal, termasuk kas.
Siklus-siklus
transaksi yang lazim.
Siklus
Peristiwa (Event) yang biasanya tercakup
Pendapatan
Pembelanjaan
Manajemen Sumberdaya
Konversi Produk
Pelaporan keuangan dan buku besar umum
·
Penjualan produk atau jasa
·
Penerimaan tunai dari produk atau jasa yang terjual.
·
Pembelian bahan atau jasa
·
Pengeluaran tunai untuk membayar bahan atau jasa yang dibeli.
·
Pembelian, pemeliharaan, dan pengeluaran dana, fasilitas, dan sumberdaya
manusia.
·
Konversi bahan baku menjadi barang jadi melalui penggunaan tenaga kerja
dan overhead.
·
Kompilasi transaksi-transaksi akunting dari siklus-siklus transaksi
lainnya.
·
Penyediaan laporan-laporan keuangan.
Sasaran dan Fungsi Siklus
Siklus buku besar umum dan pelaporan keuangan,
menyediakan informasi untuk serangkaian laporan keuangan mengenai suatu
lingkungan akunting.
Semua sistem buku besar umum harus
melaksanakan :
1.
Mengumpulkan data transaksi
2.
Memproses arus masuk transaksi
3.
Menyimpan data transaksi
4.
Melakukan pengendalian akunting
5.
Menyediakan laporan keuangan
6.
Mengklasifikasikan dan mengkodekan data dan perkiraan transaksi
Peranan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) dan
Value Chain dalam Bisnis
Romney mengemukakan konsep rantai nilai –
value Chain antara Sistem Informasi Akuntansi (SIA) perusahaan yang memberikan
peranan langsung pada pelanggannya yaitu :
1.
Inbound Logistics terdiri dari penerimaan, penyimpanan, dan distribusi
bahan-bahan masukan yang digunakan oleh organisasi untuk menghasilkan produk
dan jasa yang dijualnya.
2.
Operasi (Operations) adalah aktivitas-aktivitas yang mengubah masukan
menjadi jasa dan produk yang sudah jadi, sebagai contoh, aktivitas perakitan di
dalam sebuah perusahaan otomotif mengubah bahan mentah menjadi mobil yang
lengkap.
3. Outbond Logistics adalah
aktivitas-aktivitas yang melibatkan distribusi produk yang sudah jadi ke para
pelanggan. Sebagai contoh, mengirimkan mobil yang sudah jadi melalui jasa
pelayaran ke para dealer mobil, adalah aktivitas outbond logistics.
4. Pemasaran dan Penjualan, mengarah pada
aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan membantu para pelanggan untuk
membeli jasa atau produk yang dihasilkan organisasi. Pemasangan iklan adalah
sebuah contoh kegiatan pemasaran dan penjualan.
5. Pelayanan (Service), memberikan dukungan
pelayanan purna jual kepada para pelanggan. Misalnya pelayanan perbaikan dan
perawatan.
Kelima aktivitas tersebut didukung oleh lima
aktivitas lain yaitu :
1. Infrastructur Perusahaan, mengarah pada
kegiatan akuntansi, keuangan, hukum, dan administrasi umum yang penting bagi sebuah organisasi. SIA
adalah bagian dari infrastruktur perusahaan.
2. Sumber Daya Manusia, melibatkan
aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan perekrutan, pengontrakan,
pelatihan, pemberian kompensasi dan keuntungan bagi pegawai.
3. Teknologi merupakan aktivitas yang
meningkatkan produk dan jasa, contohnya penelitian dan pengembangan, investasi
dalam teknologi informasi yang baru, pengembangan website, dan desain produk.
4. Pembelian (Purchasing), termasuk seluruh
aktivitas yang mengakibatkan perolehan bahan mentah, suplai, mesin dan bangunan
yang digunakan untuk melaksanakan aktivitas-aktivitas utama.(2004:7-Jilid1).
Contoh aplikasi yang digunakan dalam Sistem
Informasi Akuntansi
Khusus untuk pembahasan awal kami akan
mengenalkan kepada anda tentang M.Y.O.B Accounting Plus Ver 13, walaupun
sekarang sudah ada versi yang lebih tinggi yaitu versi 15,16 maupun diatasnya
lagi namun tidak berarti anda tidak bisa menggunakan versi yang lebih tinggi
tersebut. Karena versi diatas ver13 adalah pengembangan dan perbaikan dari
versi-versi sebelumnya, sehingga apabila sudah menguasai versi 13 ini maka
untuk ke versi selanjutnya akan lebih mudah.
Myob Accounting adalah aplikasi akuntansi yang
populer saat ini. MYOB Accounting memfokuskan pada perusahaan jasa dan dagang
disamping jenis perusahaan yang lain pun bisa juga diterapkan. Paling cocok
aplikasi ini diterapkan pada perusahaan menengah kebawah, untuk perusahaan
besar rasanya tidak memadai, karena biasanya perusahaan besar jumlah
transaksinya sangat komplek sehingga biasanya mempunyai program yang dirancang
sendiri sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut.
Ada beberapa alasan kenapa kita harus
menggunakan software ini dalam perusahaan, antara lain :
Mempunyai tampilan yang user friendly, karena
transaksinya berfiat sederhana dan berupa gambar-gambar sehingga untuk pemula
pun akan sangat mudah untuk memahaminya.
Mempunyai kemampuan export data ke program
excel, sehingga laporan nya bisa juga di cetak di program excel.
Dapat diterapkan untuk 105 jenis perusahaan
yang disediakan.
Mempunyai laporan keuangan yang sangat banyak
termasuk setting pajak serta menampilkan analisa dalam bentuk grafik.
Oh ya, MYOB ini berjalan dibawah sisitem
operasi windows dan sebaiknya windows yang lebih tinggi seperti Vista, XP dan
lain-lain. Setelah di install di komputer kamu, maka jalankan software aplikasi
MYOB tersebut maka akan tampil gambar sebagai berikut.
Penjelasan dari gambar diatas sebagai berikut
:
Open berfungsi untuk membuka file yang sudah
dibuat sebelumnya.
Create digunakan untuk merancang file yang
baru.
Explore digunakan untuk membuat file dengan
menggunakan contoh perusahaan yang disediakan oleh program.
What’s New untuk melihat atau mencari
informasi yang baru seputar program Myob
Exit berguna untuk keluar dari Program Myob